Itikaf

Ramadhan sudah berlalu, sedih. Saya sih sedih ya karena belum maksimal dan puas untuk memanfaatkan momen indah ramadhan. Di mana, setiap huruf al quran yang kita baca akan diganjar 10 kali pahala, dibukakan pintu ampunan oleh Allah, pahala dilipatgandakan, pintu surga dibuka lebar, dan masih banyak lagi obral pahala dari Allah swt.

Nah, 10 hari terakhir Ramadhan adalah 10 hari paling ditunggu karena ia adalah hari saat turunnya Lailatul Qadar, malam seribu bulan. Saat semua dosa kita diputihkan dan diganjar pahala 1000 bulan. MasyaAllah.

Di 10 hari terakhir itu, mesjid-mesjid senantiasa ramai dengan kegiatan itikaf, beribadah semalaman menunggu datangnya malam seribu bulan. Kegiatan itikaf di setiap masjid berbeda tergantung panitianya. Ada yang hanya menyediakan fasilitas masjid saja sedangkan amalan sepenuhnya diserahkan pada peserta itikaf. Ada pula masjid yang betul-betul mempersiapkan agenda itikaf dengan sempurna.

Dari semua mesjid yang ramai dikunjungi dan menyediakan agenda itikaf di Bandung, saya ingin mengulas Itikaf Mesjid Salman ITB. Mesjid legendaris ini mengusung tema Semarak Ramadhan 1437 H. Itikaf yang diadakan pun memiliki banyak kegiatan. Dimulai dari Shalat Tarawih berjamaah, istirahat, Qiyamulail (Shalat Malam), sahur, Sholat Subuh, Kajian Ayat Semesta, kegiatan bebas, Kajian Dhuha, Shalat Dzuhur, Tahsin, Shalat Ashar, Kajian Sore, dll. Well, kegiatan yang dilaksanakan setiap harinya sangat padat berisi. Menurut saya, harga yang dibandrol sebesar 20k untuk pendaftaran dan itikaf kit ini ga bikin kantong bolong. Harga dengan ilmu dan amal yang kita dapat sangat ga sebanding karena kita mendapatkan harta dunia dan akhirat. Untuk teman-teman yang ingin mendapat fasilitas makan sahur, teman cukup membayar 15k. Air minum, teh, gula, energen sudah tersedia teman.

Itikaf Kit

Well, betul deh ga rugi menghabiskan malam mendekatkan diri dengan Allah swt. Menambah sahabat dan saling berbagi pas kegiatan ini sangat terasa. Yang jelas, jika bertemu ramadhan lagi tahun depan, bismillah, semoga bisa melakukan kegiatan yang bermanfaat dan merasakan kenikmatan dekat dengan Allah swt. Jika sudah menikah, semoga bisa saling menyemangati untuk ibadah bareng.

Aamiin.

🙂 :*

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s