Melihat Dunia

Kemarin Alaya pergi meski hari akan hujan. Jika dia masih Alaya yang dulu, pasti dia akan mundur, mengurungkan niatnya untuk pergi. Namun, sepertinya Aya, nama panggilannya, sudah berangsur berubah. Aya tidak benci hujan, dia nyaris tak pernah membenci apapun dalam hidupnya. Aya hanya tidak suka basah, dia pernah punya memori bahwa basah membuat bajunya mudah kotor dan dia tidak terlalu suka kotor. Aya mungkin sedikit perfeksionis, dia dengan mudahnya ingin semua menjadi sesuai dengan apa yang ada dalam benaknya. Ah apakah Aya memang benar seperti itu?

Hari sebelumnya Aya tidak sengaja bertemu seseorang di sebuah kampus. Kampus impian Aya di masa lalu. Pada hari itu Aya berusaha menghindari pandangan perempuan itu. Seorang gadis bermata bulat yang dilindungi dengan lensa buatan berwarna coklat, yang tentu semakin membulatkan matanya, rambutnya ikal diikat agak ke atas. Hari itu memang panas. Aya menghindar karena ia bingung berbasa-basi. Aya yakin dia pernah mengenal perempuan yang sebaya dengannya itu. Benak Aya pun berputar, mencari kepingan masa lalu. Gadis itu Winda, seorang teman dari teman Aya saat SMA dulu. Aya mengingatnya. Di hari itu, meski tak sengaja berhadapan beberapa kali, Aya berusaha menghindarinya. Aya berpikir, toh perempuan itu tidak mengenalinya juga.

Saat hujan akan turun, Aya mendekati supir angkutan yang ditumpanginya, “Pascasarjana Unpad ya Pak.” Aya meminta sang supir menunjukkan arah letak bangunan itu, almamaternya.

Kita memang tidak pernah tahu, meski berusaha mengelak ribuan kalipun, takdir-Nya tak akan pernah bisa terhindar.

“Kamu mau ke sana? Aku juga. Aku tahu tempatnya. Ayo bareng aja!” suara seorang gadis berbaju hitam di samping pak supir. Dia, gadis bernama Winda yang sehari lalu Aya berusaha menghindarinya.

Berpura-pura tak saling mengenal kemudian bertukar kata, akhirnya saling bercerita. Kami kenal dahulu. Setiap bagian hidupmu akan selalu ada. Meskipun kau berusaha mengelak dan menghindar. Dia ada. Akan selalu ada.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s