[REVIEW] LOOKISM WEBTOON

image

Hallo, saat ini saya sedang keranjingan Webtoon. Webtoon adalah site yang juga aplikasi besutan Line Naver. Sekarang, Webtoon sudah memiliki menu Bahasa Indonesia, sehingga WNI seperti saya bisa menikmati dengan bahasa pribumi. Untuk teman-teman yang ingin punya pengalaman membaca dengan bahasa lain, kurang lebih ada 4-5 bahasa di pengaturan setting. Diantaranya ada Inggris, Thailand dan Jepang. Selain dengan membaca komik online, kita juga bisa “berhemat” dengan sebelumnya mendownload komik yang ingin kita baca di wifi.
Okay, Webtoon berbeda dengan Komik atau Manga Online. Apa perbedaannya?
Perbedaannya terletak di cara membacanya. Sobat pernah ngerasain males untuk klik next saat membaca manga online? Dan berharap kalau nanti ada aplikasi atau site yang menampilkan manga, manhwa, atau komik dengan konsep eazy reading? Yup! Dengan adanya Webtoon, harapanmu terjawab! Untuk pindah per-scene nya kamu cukup scroll dan scroll ke bawah. Dan pernah ngerasa bosen dengan komik yang two tone ga sih? Cuma black and white aja? Well, di webtoon alhamdulillah matamu bisa melihat beragam warna. Terlihat lebih nyata dan bagus juga. Secara kalo menurut gue pribadi, komik korea lebih bagus dan cantik dibanding jepang punya. (Gue nyadar ini saat gue pertama baca Gooong! pas SMA).
Okay, gue pertama kali baca Webtoon berjudul Orange Marmalade saat tahun 2011-an, lupa. Yang jelas dulu gue takjub gitu karena kita bisa denger musik yang menjadi latar belakang (backsound) dari cerita yang kita baca. Idenya mahal banget kan?
Nah, lepas dari Orange Marmalade berbahasa Inggris yang dulu ga sempet gue baca sampai tamat, gue berhenti karena sibuk skripsi.
Dan gue baru lanjut 1 tahun lalu dengan menggunakan aplikasinya. Gue terkesan banget dengan cerita yang gue baca. Genrenya banyak dan mengesankan. Mereka punya cerita menarik dan ga hanya melulu tentang cinta terpendam anak sekolahan, seperti yang marak ditawarkan oleh manga-manga.
Setelah Untouchable yang menarik hati gue, gue mulai membaca genre lain. Gue baca God of Bath yang menawarkan komedi segar dan gue juga jatuh cinta sama About Death yang punya cerita luar biasa.
Setelah sempat menguninstall aplikasi itu karena larut dalam pekerjaan dan kesibukan plus gue juga sempat mengalami dehidrasi storage telepon, maka gue menginstall kembali aplikasi Webtoon. Gue langsung memasukan cerita-cerita baru ke Favorite List gue. Ada My Pre Wedding, Dear Only You Don’t Know, Lookism, Golongan Darah, Juki, Untouchable dan banyak deh. Semua berbahasa Indonesia.
Kenapa gue baca yang Indonesian Version? Mungkin rasa bahasanya lebih dapet ya. Keren translatornya. Tapi gue juga baca English Versionnya di website-website.
Oya, ko jadi OOT?
Gue suka dengan Lookism karya Park Tae Joon, salah satu judul Webtoon yang laris manis digilai pembaca Webtoon. Ini tentang pencarian jati diri dan pembentukan karakter. Dengan pertanyaan retoris yang provokatif, “Apakah tampang dan penampilan adalah segalanya?”, Webtoon ini mengawali scene-scene awalnya dengan “penderitaan” Seok, seorang pelajar Korea.
Kasus bullying di Korsel sana emang sudah terkenal, bahaya banget malah karena bullying menjadi penyumbang sebab kematian karena bunuh diri remaja terbesar di negeri ginseng ini.
Selain Seok ada juga ibunya. Ibu Seok benar-benar seorang ibu. Selain pengembangan diri, di sini kita juga diajak untuk merenung ttg kasih sayang ortu kita.
Karakter-karakter di Webtoon ini cakep-cakep. Si Seok yang dalam Webtoon bernama lengkap Park Hyung Seok, bisa kita temui di dunia nyata. Dia adalah seorang ulzzang, orang-orang bertampang ganteng dan cantik. Nah, silakan dicek di google aja ya kalo mau tahu lebih jauh tentang Hyung Seok.
Selamat membaca, setidaknya ada Webtoon yang bisa ngebuka mata kita. Suka!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s