Ga tau ya, udah berapa tahun berselang, sampai akhirnya saya ada sekarang di sini. Ada di belakang meja.

Well, it is like the day was yesterday. Wearing grey and white uniform, aiming the best, reaching new life.

Dulu, semua kayanya mudah ya, suddenly changing the uniform to the casual fit. Padahal esensi-nya, kita ga hanya berganti baju aja. Tapi berganti identitas.

Tadi pagi saya ketemu beberapa anak SMA, mereka bawa-bawa jaket ITB (sebutan almamater ITB), jaket hijau.

Seneng ya?

Dari beberapa hari yang lalu saya udah sering banget berpapasan sama anak SMA yang entah dari mana, mereka lalu masuk satu kampus yang sama, berkenalan, punya identitas baru sebagai mahasiswa. Perasaan yang dulu juga saya punya. Ada yang senang, mungkin ada pula yang terluka. Terluka, karena dia ga masuk apa yang dia idamkan. Mungkin bukan karena ga mampu ya, tapi bisa jadi karena emang bukan jalannya.

Di luar sana, saya yakin banyak semangat yang menggema tinggi ke angkasa karena bahagia bisa masuk kampus yang dicita, tapi ga sedikit juga yang terpojok dan tertunduk pasrah, menyerah, entahlah. Ada pula yang bangkit meyisingkan lengan bajunya untuk berusaha bersaing di tahun berikutnya.

Saya dulu ga beruntung untuk masuk pilihan pertama, saya masuk ke jurusan yang saya pun hanya menerka saja. Tapi di sana, meski saya pernah bertekad meraih cita semula, saya menemukan jalan baru di sana. Teman dan sahabat yang baik. Maha guru yang selalu memotivasi meski jarak dan waktu memisahkan. Saya pun bertemu dengan suatu impian yang jauh di luar akal pikiran sebelumnya. Saya menemukan suatu hal yang jauh di luar angan saya. Meski sebelumnya sempat marah dan tak bersyukur, tapi waktu yang berjalan ini dan terus berjalan ini mengajarkan semuanya. Bukan kebetulan saya bertemu dengan mereka. Tuhan merencanakan semua.

Dengan rencana Tuhan yang besar ini, entahlah, saya yang sekarang sedang duduk di belakang meja, apakah akan bisa meraih cita?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s