Hujan

Saya ingin buat cerita tentang hujan.

Ngomong-ngomong sudah ada berapa hujan yang kamu lalui? Saya? Entah sudah berapa hari dengan hujan yang saya lewati. Pagi dengan hujan gerimis, siang dengan hujan yang lebat, malam dengan hujan yang tak dapat ditebak. Pastinya setiap hujan selalu menyimpan sebuah cerita, entah itu jadi backsound rasa sedih kamu, entah bersama siapa kita lalui hujan itu, entah dimana kita menikmatinya, karena memang entahlah perasaan di tengah hujan selalu berbeda.

Yang saya rindu adalah berjalan di sore hari, sendiri, di pinggir jalan yang sunyi, di kiri dan kanan jalan banyak pohon rindang, mungkin bukan jalan kosong yang tak terjamah kehidupan, tapi ini adalah jalan dimana meskipun ada orang lain berlalu-lalang, kamu bisa menikmati kesendirianmu. dan kala itu hujan turun, bukan hujan yang lebat, tapi hujan gerimis yang bersahabat. hujan yang tak membuat jalan memantulkannya ke sepatumu sehingga membuat sepatumu minta di-lap karena becek. hujan yang tak terlalu dingin tapi cukup sejuk untuk menemanimu berjalan. kemudian kamu buka payungmu. ingin selalu membuka payung yang bening yang dapat memperlihatkan kejernihan air yang jatuh turun dari awan yang mungkin sudah lelah menampungnya. kamu lihat, di sisi kirimu ada tanaman liar yang manis. bunganya berwarna kuning menjadi segar, seperti tersenyum bahagia karena dahaganya terpenuhi kala itu. kamu pun melihat sekitar dan menemukan bahwa kamu berada diantara mereka, namun kamu tetap bisa menikmati momen-mu, melihat jalanan aspal yang basah segar. apalagi kalau kamu membawa headset kala itu. dan dunia pun bisa jadi milikmu.

Ketika berjalan dalam suasana itu, kamu bisa memikirkan segalanya. anganmu bisa menjelajah dari hal serumit skripsi mungkin. sampai hal konyol ‘kenapa ada bel di atas atap angkot?’. kamu bisa menemukan inspirasi dan mungkin saja masalahmu dapat terselesaikan dengan kesendirianmu dan hujan kala itu.

itulah nikmatnya hidup, antara aku dan hujan. kamu pun bisa ikut serta karena hujan itu manis dan berkah dari Sang Kuasa. Saranghae, Bi 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s